Analisis Model Perencanaan Pendidikan



     Perencanaan adalah sebuah pemikiran untuk masa yang akan datang atau sekarang  dimana sebuah sistem dapat menghasilkan sebuah perubahan, perencanaan juga bertujuan untuk menjadi jembatan antara teori dan praktek untuk mengontrol masa depan melalui apa-apa yang dilakukan pada masa ini.
Dan berbagai model perencanaan pendidikan yang menurut fungsinya masing-masing yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan.
v  Model Perencanaan komperehensif, model ini di pakai untuk menganalisis perubahan-perubahan dalam suatu sistem pendidikan dan ini bisa menjadi suatu patokan dalam  menjabarkan rencana-rencana yang lebih spesifik kearah yang lebih luas.
v  Model Target Setting, dalam model ini di gunakan untuk melaksanakan atau memperkirakan tingkat dalam perkembangan dan model ini membutuhkan waktu dalam memperkirakan tingkat perkembangan,karena sebuah target mempunyai sebuah rencana yang matang untuk bisa mencapai suatu tujuan tsb.
Dan dalam persiapannya juga dikenal :
w  Model untuk menganalisis demografis dan proyeksi penduduk
w  Model untuk memproyeksikan enrolmen( jumlah siswa terdaftar ) sekolah
w  Model untuk memproyeksikan kebutuhan tenaga kerja

v  Model costing dan keefektifan biaya
Untuk menganalisis sebuah proyek-proyek dalam kriteria seekonomis mungkin dan dalam proyek-proyek ini menjadi perbandingan untuk mencari hasil yang lebih baik di antara proyek yang lain untuk mencari cara lain  dalam penanggulangan  masalah-masalah yang ada dan dalam penggunaan program ini untuk pendidikan tidak lepas dalam masalah pembiayaan, dengan jumlah besar di keluarkan selama proses pendidikan mengharapkan dalam beberapa waktu tertentu  mendapatkan hasil dan memberikan kekuatan baru untuk menolong Negara dalam masalah pendidikan.
v  Model PPBS
PPBS (planning, programming, budgeting system),penyusunan perencanaan program dan penganggaran, ini di lihat sebagai suatu sistem , PBBS juga merupakan pendekatan yang sistematik yang berusaha untuk menetapkan tujuan, mengembangkan program-program yang untuk di capai, mencari seberapa besarnya biaya dan menggunakan proses penganggaran yang merencanakan  kegiatan program jangka panjang, PPBS juga memerlukan pemahaman tentang teori dan konsep,PPBS juga perlu memperhatikan sifat-sifat esensial dari system ini .- Memperinci secara cermat dan menganalisis secara sistematik terhadap tujuan yang hendak dicapai.
Manfaat perencanaan itu sendiri untuk menghasilkan sebuah perubahan karena perubahan sesuatu yang pasti akan terjadi, dan itu tergantung dalam prosesnya terjadi cepat ataupun lambat, perencanaan juga merupakan sebuah alat yang akan sangat membantu untuk beradaptasi dengan beragam inovasi untuk menyelesaikan konflik, Perencanaan sendiri bukanlah merupakan sebuah proses yang terjadi secara otomatis. Dan telah cukup banyak model dikembangkan untuk mendapatkan sebuah perencanaan yang efektif.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Look @ Me

Total Tayangan Halaman

Radio

Chat